Bagaimana Cara Mengontrol Berat Badan Kucing Peliharaan? Simak Ulasannya

Bagaimana Cara Mengontrol Berat Badan Kucing Peliharaan? Simak Ulasannya – Halo petlovers! Membahas tentang kucing memang tidak ada habisnya, hewan peliharaan yang satu itu sangatlah menggemaskan.

Banyak sekali orang yang suka merawatnya, bahkan sangking lucunya banyak juga pemilik kucing yang membelikan baju khusus kucing agar semakin terlihat lucu anabulnya. Merawat hewan peliharaan apapun memang tidak semudah yang dibayangkan.

Banyak sekali hal yang harus dipesiapkan mulai dari waktu, keadaan, dan finansial. Semua itu yang paling utama, sebab jika anda tidak memilki waktu luang dirumah maka tidak akan bisa merawat hewan peliharaan dengan baik.

Dan bahkan jika keadaannya tidak memungkinkan juga tidak akan bisa merawat peliharaan dengan baik. Finansial adalah hal utama untuk mencukupi kebutuhan hewan peliharaan seperti makanan dan perawatan lainnya.

Mungkin karena begitu menyukai kucing, banyak sekali orang yang berasumsi bahwa kucing yang semakin gendut akan terlihat lucu. Padahal pemikiran seperti itu salah, justru kucing yang terlalu gendut akan lebih rentan terserang penyakit.

Jika anda mengerti dan memahami dampaknya obesitas, pasti anda akan berusaha untuk mengontrol berat badan kucing peliharaan. Dengan memberikan makanan kucing secara berlebihan adalah tindakan yang tidak boleh dilakukan.

Dilansir dari https://www.jendelapet.com/, jika kucing peliharaan sampai obesitas kemungkinan besar mereka akan mengidap penyakit tertentu seperti diabetes tipe 2.

Selain itu apabila kucing terlalu gemuk, mereka akan cenderung malas merawat dirinya sendiri. Inilah sebabnya, mengapa sangat penting menjaga dan mengontrol berat badan kucing agar tetap sehat dan bugar.

Kucing yang memiliki gaya hidup sehat akan cenderung hidup lebih lama dan akan lebih bahagia. Di bawah ini akan kami jelaskan bagaimana cara mengontrol berat badan kucing.

Baca Juga :  Cara Agar Tulisan Tangan Menjadi Bagus dan Rapi

Cara Ampuh Mengontrol Berat Badan Kucing

1. Jangan memberikan makan secara berlebihan

Sebagai pemilik yang bijak, anda harus bisa mengatur jadwal pola makan kucing peliharaan dengan tepat. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk menghindari obesitas pada kucing.

Jika jadwal sudah dibuat dan dijalankan, porsi juga harus disesuaikan jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Hindari memberikan camilan apapun pada kucing.

2. Mengajak beraktivitas diluar ruangan atau dalam ruangan

Mengajaknya bermain merupakan cara yang tepat untuk kucing agar mau bergerak. Kucing peliharaan akan lebih rentan obesitas apabila tidak melakukan aktifitas diluar ruangan.

Apabila kucing anda merasa bosan dengan permainan didalam rumah, anda bisa mengajaknya bermain di halaman rumah. Berjalan-jalan disekitar rumah juga menjadi cara yang tepat agar kucing mau bergerak.

3. Mengatur ulang porsi makan

Untuk mengetahui porsi makanan kucing yang benar, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter hewan. Dengan begitu anda akan mengetahui seberapa banyak porsi yang dibutuhkan kucing.

Mempertahankan berat badan pada kucing memang sulit dilakukan, oleh sebab itu anda harus bisa mengontrol berat badannya agar tetap stabil dan menjadikannya tetap sehat.

Akhir Kata

Itulah cara mengontrol berat badan kucing peliharaan dengan baik dan benar menurut jendelapet.com. Kucing yang mengalami obesitas memang harus menjalankan diet agar tidak terserang penyakit yang mematikan. Sebagai pemilik harus panda mengatur jadwal pemberian makanan pada kucing peliharaan agar lebih terjaga dan tidak berlebihan.