Cara Agar Tulisan Tangan Menjadi Bagus dan Rapi

Cara Agar Tulisan Tangan Menjadi Bagus dan Rapi – Sadarkah Anda jika tulisan tangan yang bagus merupakan ketrampilan penting untuk dimiliki semua orang. Tidak, bukan berarti Anda harus jadi seorang kaligrafer profesional, tetapi setidaknya saat Anda perlu menunjukkan tulisan tangan ke seseorang, orang itu tidak terasa kesusahan untuk membacanya.

Dilansir dari www.tuliskertas.com, menulis adalah kegiatan yang tidak asing lagi di kehidupan sehari-hari, terutama untuk para pelajar dalam hal mengerjakan tugas, membuat catatan atau rangkuman, membuat laporan dan lain sebagainya.

Tetapi tidak semua orang dapat menulis dengan rapi bahkan tidak dapat dibaca. Mempunyai tulisan yang bagus rapi dan mudah dibaca adalah keinginan semua orang meskipun sekarang ini teknologi sudah makin maju, kita dapat mengetik memakai laptop dan komputer serta cetak memakai printer.

Tetapi tulis tangan masih tetap diperlukan sebagai bukti otentik dalam setiap perjanjian formal. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki tulisan tangan yang bagus dan rapi, berikut kami telah merangkum caranya.

Cara Agar Tulisan Tangan Bagus dan Rapi

1. Pilih gaya huruf

Cara yang pertama yaitu pilihlah tulisan yang hendak digunakan untuk selanjutnya, apakah gaya tulisan tersebut miring atau tegak dan tentukan gaya tulisan mana yang paling Anda sukai dan yang pasti nyaman saat digunakan. Sebab tiap orang berbeda jenis tulisannya.

2. Gunakan kertas berbaris

Sebelum Anda mulai memakai kertas bergaris untuk menulis, terlebih dahulu Anda harus memastikan garis-garis yang ada tidak begitu sempit.

Hal ini dikarenakan Anda akan dapat melihat semua tulisan dengan lebih jelas saat berlatih menulis. Garis pada kertas yang dipakai bisa menjadi panduan untuk menjaga ketinggian dan ukuran huruf.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Mengontrol Berat Badan Kucing Peliharaan? Simak Ulasannya

3. Gunakan alat tulis yang bagus

Anda bisa menggunakan alat tulis seperti pena namun yang bagus. Pena apa saja yang sering Anda pakai untuk menulis, pastikan untuk tidak begitu menekan saat menulis.

Pilih pena yang membuat latihan menulis Anda semakin nyaman, tidak begitu kecil, tidak terlalu besar juga.

4. Tentukan posisi ukuran tulisan

Pastikan juga ukuran dan posisi dari semua huruf yang hendak di tulis harus teratur besar dan arahnya. Untuk setiap ukuran tulisan besar pastikan memiliki ukuran yang tidak sama dengan ukuran huruf biasa atau huruf kecil

5. Rajin menulis dan berlatih

Jika Anda sering latihan menulis maka tulisan yang semula jelek maka semakin lama akan makin bagus semua bentuk tulisan tangan kita dan selalu berusaha untuk membenahi secara perlahan-lahan tanpa perlu tergesa-gesa.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara agar tulisan Anda yang awalnya kurang bagus bisa menjadi bagus dan rapi serta lebih mudah untuk dibaca. Semoga cara diatas bisa membantu Anda yang sedang memperbaiki tulisan tangan menjadi bagus dan rapi.