Ibukota Indonesia – Sebelum turun ke globus politik, Prabowo Subianto mempunyai karir gemilang di dunia militer, terkhusus di TNI. Jiwa kemiliteran dirinya sangat kental, kemampuan kemudian strategi melindungi negara ini sudah ada sangat diakui.

 
Keluarga Prabowo merupakan salah satu keluarga aktivis pejuang negara pada waktu masa penjajahan, maka tak heran apabila Prabowo memiliki rasa cinta Tanah Air yang sangat mendalam.
 
Alasan Prabowo memilih karir pada planet militer, salah satunya lantaran miliki kenangan dengan pamannya yang tersebut pernah gugur pada perjuangan. Ketika masa kecilnya, ia juga rutin bermain ke kamar pamannya dengan kenangan atribut militer yang masih tersusun rapi.

Prabowo juga keturunan dari Benjamin Thomas Sigar, perwira tentara berpangkat kapitein, sehingga keseharian tentang militer sudah ada tak asing lagi bagi Presiden RI terpilih itu.

 
Ketertarikannya di planet militer telah sangat kuat dan juga terlihat dari masa kecilnya, ia juga lebih tinggi senang bermain perang-perangan sama-sama teman seumurannya sembari memegang pistol kecil.
 
Sebelumnya Prabowo pernah diterima tiga universitas ke Amerika Serikat, namun ia menolak mengambil tempat tersebut. Prabowo menyampaikan keinginan bahwa dirinya ingin menempuh sekolah militer juga sempat tak direstui oleh sang ayah.
 
Berada di Indonesia, rasa cinta juga ingin melindungi negaranya semakin kuat. Dengan tekadnya, Prabowo mengawali lembaga pendidikan pada Akademi Militer Nasional, Magelang, Jawa Tengah.
 
Selain itu, Prabowo pernah menempuh lembaga pendidikan militer di Amerika Serikat. Dengan prestasinya sebagai prajurit, Prabowo mendapatkan pujian dan juga diakui oleh jendral pertempuran Amerika Serikat, Wayne Alan Downing.
 
Berbagai perjuangan pahit lalu manis selama menempuh institusi belajar militer telah dilakukan dirasakan, sehingga Prabowo dikenal sebagai taruna terbaik pada masanya. Prabowo seringkali dipercayai prajurit pasukan TNI untuk menjadi komandan.
 
Dalam beberapa medan perang, Prabowo sama-sama pasukan prajurit TNI pernah terlibat di peperangan di dalam Timor Timur, PGRS/Paraku ke Kalimantan, memburu pasukan Fretilin, juga operasi penumpasan Organisasi Papua Merdeka di dalam Irian Jaya.
 
Berikut adalah kumpulan jejak karir Prabowo pada dunia militer TNI.
  • Komandan Peleton Para Komando Group-1 Kopassandha 1976
  • Komandan Kompi Para Komando Group-1 Kopassandha 1977
  • Wakil Komandan Detasemen–81 Kopassus 1983-1985
  • Wakil Komandan Batalyon Infanteri Lintas Lingkungan 328 Kostrad 1985-1987
  • Komandan Batalyon Infanteri Lintas Lingkungan 328 Kostrad 1987-1991
  • Kepala Staf Brigade Infanteri Lintas Lingkungan 17 Kostrad 1991-1993
  • Komandan Group-3/Pusat Pendidikan Pasukan sepak bola Khusus 1993-1994
  • Wakil Komandan Komando Tim Khusus 1994
  • Komandan Komando Pasukan bola Khusus 1995-1996
  • Komandan Jenderal Komando Tim sepak bola Khusus 1996-1998
  • Panglima Komando Cadangan Strategi TNI Angkatan Darat 1998
  • Komandan Sekolah Staf juga Komando ABRI 1998

 

 

Artikel ini disadur dari Prabowo Subianto, perjalanan dan jejak karier di militer

Baca Juga:  OJK dan Tantangan Pinjaman Online Ilegal dari Server Luar Negeri