Jakarta – Menteri Perjalanan juga Sektor Bisnis Kreatif Sandiaga Uno mengingatkan para pelaku pariwisata juga perekonomian kreatif untuk terlibat mengecek data kelayakan kendaraan pada perangkat lunak Spionam Kementerian Perhubungan . “(Cek) bus mana yang mana lolos penilaian melalui program Spionam. Sehingga, tiada muncul (kecelakaan),” kata Sandiaga di acara The Weekly Brief with Sandi Uno ke Kemenparekraf, Senin, 13 Mei 2024

Hal yang disebutkan disampaikan Sandiaga merespons kecelakaan bus Trans Putera Fajar yang menghadirkan rombongan study tour siswa SMK Lingga Kencana mengalami kecelakaan pada Subang, Jawa Barat, Hari Sabtu malam, 11 Mei 2024.  Kecelakaan maut yang dimaksud menyebabkan 12 warga tewas kemudian 17 pemukim mengalami luka berat.

Sistem Perizinan Online Angkutan Darat kemudian Multimoda atau SPIONAM merupakan layanan Kementerian Perhubungan untuk memberikan kemudahan operator pada mengajukan perizinan dalam bidang angkutan lalu multimoda. Dikutip dari Hubdat.dephub.go.id, SPIONAM juga mencantumkan masa berlaku uji kendaraan hingga keabsahan angkutan barang, angkutan penduduk di trayek, maupun angkutan pemukim tidak ada di trayek.

Kementerian Perhubungan tak hanya sekali menyediakan program Spionam di melayani perizinan. Kementerian Perhubungan mempunyai beberapa jumlah perangkat lunak guna meningkatkan pelayanan bidang transportasi. Berikut beberapa program pelayanan dalam Kementerian Perhubungan.

1. AIR-SDP

Aplikasi Berita lalu Registrasi Angkutan Sungai Danau lalu Penyeberangan atau AIR-SDP adalah sebuah sistem informasi yang mana digunakan untuk membantu proses perizinan penyelenggaraan sungai, danau lalu penyeberangan dalam lingkungan Kementerian Perhubungan khususnya Direktorat Transportasi Sungai, Danau lalu Penyeberangan.

2. VTA online

VTA online adalah layanan uji tipe kendaraan bermotor yang mana menerbitkan juga mencetak Sertifikasi Uji Tipe (SUT) juga Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT) dengan tahapan yang singkat. Melalui perangkat lunak ini, SUT juga SRUT diterbitkan di jangka waktu paling lama 7 hari kerja sejak persyaratan diterima secara lengkap.

Baca Juga:  Tekad Juara, Astra Honda Racing Team Dapat Kekuatan Tambahan pada ARRC Mandalika

3. Si Andalan

Aplikasi Si Andalan adalah sebuah sistem pelayanan perizinan persetujuan Analisis Efek Lalu Lintas (ANDALALIN) di dalam lingkungan Kementerian Perhubungan. Saat ini pengurusan perizinan Andalalin dibagi bermetamorfosis menjadi tiga klaster, yakni perizinan untuk klaster bangkitan lalin yang digunakan rendah untuk pengurusan perkembangan seperti pertokoan, ruko, restoran, SPBU. Kemudian ada klaster bangkitan sedang seperti pembangunan mall dan juga klaster bangkitan lalin yang digunakan lebih tinggi untuk perkembangan seperti kawasan industri.

4. Teman Bus

Teman Bus adalah kependekan dari Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal, dan juga Nyaman. Teman Bus merupakan pengembangan angkutan umum massal yang tersebut dirancang untuk mengintervensi pengembangan angkutan umum perkotaan yang digunakan dibutuhkan oleh masyarakat. Digulirkannya kegiatan ini harapannya adalah semakin berbagai warga yang mana menggunakan angkutan umum.

5. E-Ticketing

E-Ticketing memberikan kemudahan pelayanan bagi rakyat pengguna jasa transportasi darat pada memperoleh tiket perjalanan. Saat ini penumpang angkutan darat dapat memperoleh tiket dengan perangkat lunak E-Ticketing melalui beberapa mitra diantaranya Bank Mandiri, DPP Organda (DOKU, Alfamart, bosbis.com).

Selain itu, Kementerian Perhubungan mempunyai beberapa jumlah perangkat lunak lain yang melayani beraneka macam perizinan, seperti SKRB (Surat Keputusan Rancang Bangun) Online, SRUT-RB (Sertifikat Registrasi Uji Tipe Rancang Bangun) Online, E-SMK, lalu TDBUPJ (Tanda Daftar Badan Usaha Perlengkapan Jalan). Serta aplikasi mobile MyPerintis, MyKSPN, DIPASS, e-Tilang, SIwasOps, hingga SIPAJA.

Kemudian ada aplikasi mobile SIPERKAPAL (Sistem Perawatan kemudian Pemeliharaan Kapal), SIJUKA (Sistem Pengajuan Perizinan Kapal Asing), SIMLALA (Sistem Manajemen Lalu Lintas Angkutan Laut), SITOLAUT (Sistem informasi Tol Laut), juga SIPERINTIS (Sistem Pencatatan Kemampuan Kapal Perintis). Sementara pada sektor transportasi udara, Direktorat Perhubungan mempunyai perangkat lunak SIDOPI-GO yang tersebut berfungsi untuk memudahkan rute registrasi drone sekaligus sertifikasi pilot drone.

Baca Juga:  Mudik Hemat Bersama All-New Yaris Cross

DEPHUB.GO.ID

Begini Cara Mengecek Kelayakan Bus pada Program Spionam

Artikel ini disadur dari Selain Spionam, Berikut Sederet Aplikasi Perizinan Milik Kementerian Perhubungan