Jakarta – Di beraneka kota, tren pemakaian mobil listrik semakin meningkat. Hal ini bukan terlepas dari anggapan bahwa mobil listrik adalah solusi untuk hambatan lingkungan kemudian semakin langkanya material bakar fosil. otoritas juga menggalakkan komunitas untuk menggunakan mobil listrik dengan menawarkan pajak yang dimaksud lebih tinggi rendah dibandingkan mobil konvensional.

Selain itu, mobil listrik dikenal dengan biaya perawatan yang mana minim. Hal ini disebabkan oleh ketiadaan komponen mesin serta sistem mekanikal yang kompleks pada mobil listrik. Meskipun begitu, mobil listrik masih memerlukan perawatan agar performanya terus optimal.

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat mobil listrik:

1. Daya Baterai

Mengutip laman Nissan, elemen penyimpan daya adalah komponen utama dari mobil listrik. Cara terbaik untuk menjaga kualitas penyimpan daya adalah dengan menjamin kapasitasnya tiada kurang dari 40%. Pengisian maksimum disarankan antara 80% hingga 90% untuk menjauhi degradasi juga kehancuran baterai.

2. Jadwal Pengisian Baterai

Melansir laman Hyundai, salah satu cara untuk melindungi kualitas penyimpan daya adalah dengan menjadwalkan pengisian secara teratur. Idealnya, pengisian bukan penting dikerjakan setiap hari, tetapi disarankan setiap dua hari sekali.

3. Parkir ke Tempat Sejuk

Saat menggunakan mobil listrik, pastikan Anda setiap saat memarkir kendaraan di dalam tempat yang dimaksud sejuk serta menyavoid tempat dengan suhu tinggi atau terkena sinar matahari langsung. Panas matahari dapat mempengaruhi kapasitas serta masa pakai elemen penyimpan daya mobil.

4. Pengecekan Software Secara Berkala

Mobil listrik modern dilengkapi dengan teknologi besar juga beragam software untuk menggalang operasionalnya. Oleh lantaran itu, pemahaman terhadap software yang disebutkan juga pengecekan rutin sangat penting. Salah satunya adalah mengetahui kapan software harus diperbarui agar mobil listrik masih pada performa terbaik.

Baca Juga:  Bus Baru PO Haryanto Membawa Kenyamanan

Secara keseluruhan, merawat mobil listrik memerlukan perhatian khusus terhadap elemen penyimpan daya serta teknologi pendukungnya. Dengan mempertahankan kapasitas baterai, menjadwalkan pengisian dengan benar, memarkir di dalam tempat sejuk, lalu rutin memeriksa software, mobil listrik Anda akan permanen berfungsi dengan optimal juga mempunyai umur panjang.

Tips Merawat Baterai Mobil Listrik

Pada banyak mobil listrik, rata-rata memilikki garansi pada elemen penyimpan daya mencapai 10 tahun. Namun, penyelenggaraan yang mana tiada benar dapat berakibat pada berkurangnya kemampuan penyimpan daya sehingga performanya akan menurun. Oleh oleh sebab itu itu, sebagai pengguna mobil listrik penting memerhatikan perawatan baterai.

Megutip Hyundai, disebutkan bahwa hal paling penting yang harus diperhatikan untuk merawat penyimpan daya adalah saat mengisi elemen penyimpan daya disarankan sewaktu tempat di bawah 20%. Hal ini untuk menghindari penyimpan daya mengalami penurunan kinerja lebih besar cepat. 

Selanjutnya, waktu ideal untuk mengisi daya sel adalah setiap dua atau tiga hari sekali. Untuk terus merawat daya elemen penyimpan daya lebih besar tinggi dari waktu ke waktu disarankan untuk tiada melakukan akselerasi yang mana berat pada waktu lama. Selain itu, untuk mempertahankan kualitas baterai, disarankan untuk memarkir mobil pada temapt yang mana teduh untuk mengempiskan elemen penyimpan daya lithium-ion terdegradasi lebih banyak cepat sewaktu suhu naik.

Ketika mengisi akumulator mobil listrik, disarankan untuk tiada mengisinya hingga 100% sebab akan memeprcepat degradasi pada baterai. Namun, kalau Anda akan menempuh perjalanan jauh, mengisi hingga 100% sangat disarankan.

Artikel ini disadur dari Pahami Tips-tips Berikut Sebelum Membeli Mobil Listrik