Resep Tetelan Sapi Oseng Acar: Ide Masak Daging Kurban yang Lezat

zoovalencia.com Setiap kali Idul Adha tiba, salah satu tradisi yang umum dilakukan adalah membagikan daging kurban kepada keluarga, teman, dan mereka yang membutuhkan. Salah satu cara yang populer untuk memanfaatkan daging kurban adalah dengan memasaknya menjadi hidangan yang lezat dan bergizi. Artikel ini akan memperkenalkan resep tetelan sapi oseng acar, yang menggabungkan cita rasa daging sapi yang lembut dengan kelezatan oseng sayuran berbumbu. Mari kita bahas langkah-langkahnya dan nikmati hidangan istimewa ini bersama keluarga!

Baca juga artikel lainnya : Resiko dan Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

Persiapan Bahan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan untuk menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 500 gram tetelan sapi, potong tipis sesuai selera
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 buah tomat, potong dadu
  • 2 buah cabai merah besar, iris tipis (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan)
  • 1 buah wortel, potong dadu kecil
  • 100 gram kacang panjang, potong-potong
  • 1 buah buncis, potong-potong
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan saus tiram
  • Garam dan merica secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Langkah-langkah Memasak

  1. Tumis Bumbu Dasar: Panaskan minyak dalam wajan besar. Tumis bawang putih dan serai hingga harum.
  2. Masukkan Daging: Masukkan tetelan sapi yang sudah dipotong tipis. Tumis hingga daging berubah warna dan matang.
  3. Tambahkan Sayuran: Masukkan tomat, cabai merah, wortel, kacang panjang, dan buncis ke dalam wajan. Aduk rata dan tumis sebentar sampai sayuran sedikit layu.
  4. Bumbui: Tambahkan kecap manis, saus tiram, garam, dan merica secukupnya. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata dan bumbu meresap.
  5. Masak Hingga Matang: Tutup wajan dan biarkan semua bahan matang dengan api sedang, sesekali diaduk agar tidak gosong. Pastikan daging dan sayuran telah empuk.
  6. Sajikan: Angkat tetelan sapi oseng acar dari wajan dan sajikan hangat bersama nasi putih hangat.

Manfaat Memasak Daging Kurban

Memasak daging kurban bukan hanya tentang menciptakan hidangan lezat tetapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan:

Pertama, nutrisi yang tinggi dari daging sapi memberikan protein berkualitas tinggi yang penting untuk membangun otot dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selanjutnya, penghematan anggaran bisa menjadi manfaat lain dari memasak daging kurban sendiri. Dengan memanfaatkan daging secara optimal, keluarga dapat menikmati hidangan berkualitas tanpa perlu membeli daging tambahan.

Baca juga artikel lainnya : Bus Baru PO Haryanto Membawa Kenyamanan

Transisi dan Kesimpulan

Dalam menjalankan tradisi Idul Adha, memasak daging kurban menjadi hidangan istimewa seperti tetelan sapi oseng acar tidak hanya memenuhi kebutuhan gizi tetapi juga mempererat ikatan keluarga. Dengan resep yang sederhana namun lezat ini, Anda bisa merasakan kelezatan daging sapi yang di padu dengan cita rasa sayuran yang segar dan bumbu yang khas. Namun sajikan hidangan ini saat berkumpul bersama keluarga dan nikmati momen istimewa dalam merayakan hari raya Idul Adha.